Resource

Jumat, 13 April 2012

SURAT TANDA REGISTRASI (STR) TENAGA KESEHATAN

SURAT TANDA REGISTRASI (STR) TENAGA KESEHATAN PDF Print E-mail
Dikeluarkanya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan sebagai pengganti PMK nomor 161 tahun 2010 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan membuat tenaga kesehatan yang ada diharuskan memiliki surat tanda registrasi selain ijazah yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi penyelenggarakan pendidikan kesehatan, hal ini juga berlaku bagi tenaga kesehatan asing.
Bagaimana cara mendapatkan STR ini ?
Dalam PMK nomor 1796 tahun 2011 seluruh tenaga kesehatan diwajibkan memiliki surat tanda registrasi yang disebut sebagai STR, bagi yang belum memiliki STR atau surat izin dan lulus dari pendidikan sebelum tahun 2012 dapat diberikan STR berdasarkan peraturan ini atau yang dimasyarakat dikenal dengan pemutihan tanpa dilakukan uji kompetensi.

Adapun persyaratan untuk memperoleh STR, bagi lulusan sebelum tahun 2012 (proses pemutihan) adalah :
  1. Fotocopi ijazah terakhir yang dilegalisir (cap basah) 2 lembar
  2. Pas Foto ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang merah 3 lembar
  3. Apabila telah memiliki Surat Izin (SIP,SIB,dll) dan sudah habis masa berlakunya dapat dilampirkan
  4. Apabila sudah memilki sertifikat kompetensi boleh dilampirkan
  5. Apabila Surat Izin (SIP, SIB, dll) masih berlaku sesuai dengan PMK 1796 pasal 36 ayat (1) dnyatakan telah memiliki STR sampai masa berlakunya berakhir (artinya Surat Izin saudara masih barlaku dan tidak diharuskan membuat STR, namun bila tetap ingin membuat STR juga tidak salah)

Proses pemutihan untuk mendapatkan STR ini dapat dilakukan melalui organisasi profesi masing-masing tenaga kesehatan agar sekaligus terdaftar dan terregistri dalam organisasi profesi setiap tenaga kesehatan, mengapa demikian ? karena masa berlaku STR adalah 5 (lima) tahun terhitung tanggal diterbitkan (sesuai dengan tanggal lahir) dan apabila STR tenaga kesehatan habis masa berlakunya perlu diperpanjang dengan persyaratan harus memilki 25 SKP (satuan kredit profesi) yang dikeluarkan oleh organisasi profesi masing-masing tenaga kesehatan, oleh karena itu keanggotaan tenaga kesehatan dalam organisasi profesinya adalah merupakan bagian yang harus dilakukan oleh setiap tenaga kesehatan.
Proses pemutihan pembuatan STR tidak dipungut biaya, adapun apabila ada pungutan biaya terkait pengurusan STR (pemutihan STR) agar melaporkan ke organisasi profesinya (OP), biasanya pungutan biaya diberlakukan bagi anggota OP yang menunggak kewajiban anggota seperti iuran keanggotaan atau mungkin biaya pendaftaran keanggotaan karena belum terdaftar sebagai anggota OP, selain itu tidak ada, demikian dikatakan oleh Ns. Erwin, S.Kep sebagai ketua bidang organisasi, hukum dan pemberdayaan politik PPNI Propinsi DKI Jakarta saat ditemui ners Indonesia.com pada acara Raker penyusunan standar pelatihan keperawatan tahun 2012 beberapa waktu yang lalu di Jakarta.
Bagi lulusan pendidikan tahun 2012 dan seterusnya untuk mendapatkan STR diwajibkan mengikuti uji kompetensi nasional yang diselenggarakan oleh MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) diperguruan tinggi yang terakreditasi, dengan uji kompetensi tenaga kesehatan akan memperoleh Sertifikat Kompetensi. MTKI akan memberikan Sertifikat Kompetensi kepada peserta didik pada waktu pengambilan sumpah.
Sertifikat Kompetensi dipergunakan sebagai dasar untuk memperoleh STR dan diberikan oleh MTKI kepada peserta didik yang dinyatakan lulus bersamaan dengan pemberian sertifikat kompetensi.

Alamat Kantor MTKI :
Gedung Badan PPSDM Lantai 8, Jalan Hang Jebat III / F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. telp 021-7245517. Fax. 021-7258057. email : sekretariatmtki@yahoo.com

20 komentar:

  1. maaf mau tanya saya lulusan smk analis kesehatan th 2013 bisa tidak membuat str?tanpa harus D3??

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pagi ibu/Bpk saya mau tanya. Saya lulusan 2013 sampe sekarang belum jadi STR nya. Mohon bantuanya apa ada masalah/ berkas yang kurang? Trima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ko prosesnya lama amat ya sampe ber tahun2. Setiap d tlp jawabanya lg d cetak. Emang pake cetakan apa ya?

    BalasHapus
  5. mohon infonx knp maw daftar str tapi nga bisa terbuka

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum.
    Saya sudah kirim berkas buat registrasi STR bidan ke MTKI pada tanggal 28 bulan november 2016, tapi sampai sekarang saya belum menerima email kedua dari MTKI, sementara teman sayang yang kirim berkas pada bulan 12 sudah mendapatkan nomor berkasnya. Saya mohon penjelasan nya kenapa samapai sekarang saya belum mendapatkan email kedua dari MTKI untuk mendapatkan nomor berkas.
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, saya juga belum dpt email dr mkti yg kode berkas padahal saya sdh taruh berkasnya tanggal 10 januari, sdgkn teman sy yg naruh bulan februari sdh dpt email kode berkas.. bagaimana ya utk kelanjutannya terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, saya perawat lulusan 2010, SIP habis per 7 feb 2016, skrg sy mau rubah ke STR, tp sy sedang tidak bekerja, smntra d form onlie ada data yg harus di isi yaitu tmpt bekerja. Serta uji komp. Mohon bantuan/infonya. Terimakasih sebelumnya...������ mohon bantu bs kirim email ke antonidarisman@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih SIP ikut pemutihan saja mas.. ngurus ke MTKP..

      Hapus
  9. Selamat siang maaf menganggu. mohon arahannya jika kita mempekerjakan perawat gigi yang S1 keperawatan gigi masalah tidak ya. sebab mereka tidak dapat mengurus STR sebab MTKI tidak mengeluarkan STR buat S1 Keperawatan Gigi. sedangkan mau melanjutkan Sekolah belum ada jejangnya. Terimakasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, maaf saya lg proses pemutihan sip ke str, saya disuru buat daftar online, saya dah daftar tp dan sdh byar kodebiling, tp knp stiap saya konfirmasi kodebiling gk bisa.. Yg muncul kode baru.. Knp sprti ini.. Uang saya ilang dunk

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. selamat pagi..
    maaf mengganggu..saya lagi proses pembuatan STR.saya mengalami kendala..kenapa data lengkap saya tidak muncul waktu saya mau proses STR,saya tulis NIM saya tpi datanya kosong..sedangkan data saya ada lengkap di Dikti.mohon infonya..

    BalasHapus
  13. Selamat pagi.
    Saya Ferni Sugianti dari Keperawatan D3. STR saya hilang, dan saya tidak mempunyai fotocopy-an yang saya simpan. Untuk mengurus STR kembali tahap - tahap yang harus saya lakukan apa ya ???
    Terima kasih.

    BalasHapus
  14. Selamat pagi.
    Saya Ferni Sugianti dari Keperawatan D3. STR saya hilang, dan saya tidak mempunyai fotocopy-an yang saya simpan. Untuk mengurus STR kembali tahap - tahap yang harus saya lakukan apa ya ???
    Terima kasih.

    BalasHapus
  15. Selamat siang.
    Saya mau nanyak, kalo STR belum dikirim ke MTKP apa bisa langsung di ambil ke MTKI di Jakarta? Karena lama sekali belum jadi2. Saya ukom Ners bulan September 2016 dan pengumuman kelulusan nya tgl 9 November 2016. Tapi smpai skrg STR belum jadi. 2 mingguan yang lalu cek status Alhamdulillah sdah keluar nomor STR. Tgl persetujuan STR tgl 29 Oktober 2017. Tgl kirim STR ke MTKP blm ada smpai hari ini pdhal sudah lebih dri 2 mnggu dri tgl persetujuannya. Kira2 kapan ya STR nya sampe di MTKP? Nah klo blm2 dikirim jga boleh tidak lgsng ambil saja ke MTKP? 😂 Terimakasih

    BalasHapus
  16. Bisa ga yah saya yg dri luar jakarta mengambil str yg belum d kirim ke daerah saya langaung ke sni . Mohon penjelasan xsecepat x ?

    BalasHapus
  17. Mau nanya saya udah kirim berkas ke mtki awal juni 2018.tapi sampai sekarang belum dapat balasan email ke dua untuk cek status.apakah ada masalah dengan berkas saya atau bagaimana.mohon jawabannya.terimakasih

    BalasHapus
  18. Saya belum dapat no berkas STR ,udah 1 bulan lebih ,padahal aku kirim juga alamat email saya..
    Mohon bantuannya

    BalasHapus